BERITA BAZNAS

Program BAZNAS Kab. Tangerang Peduli 2021

BAZNAS Kab. Tangerang, pada tanggal 08 September 2021 , menggulirkan dana sekitar 1.5 Milyar untuk Program Rutilahu (Rumah Tidak  Layak Huni) di 29 Kecamatan se Kabupaten Tangerang. Program ini ditujukan untuk kepentingan kaum dhu’afa yang memiliki rumah tidak  layak  huni,  dengan  beberapa  kategori  :

1.  Kondisi    rumah sangat  tidak  layak  untuk  di huni,  (tidak  ada  kamar,  lantai  dari  tanah,  dinding  rumah  dari  anyaman  bamboo  atau  triplek yang sudah lapuk,

2. lahan milik sendiri, tidak ada toilet, dsb.  
Komisioner keuangan Hj. Eny Suhaeni,  mengatakan  : “Program ini kita gulirkan mengingat banyak  sekali  pengajuan  bedah  rumah  yang  masuk  ke  Baznas.  Oleh  sebab  itu, Baznas  perlu mengkatagorisasi  untuk  pembantuan  tersebut  agar  Amanah  ZIS  yang  disalurkan  oleh  para muzaki tepat sasaran...” BAZNAS  Kabupaten  Tangerang  tahun  ini  mengeluarkan  anggaran sebesar 1.5 Milyar untuk bedah rumah tidak layak huni... .”.  Demikian menurut Eny.   
Selanjutnya, menurut Eny , Program Rutilahu ini sangat membantu pemerintah dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Kab. Tangerang. Di beberapa Kawasan Pemukiman di wilayah Kabupaten Tangerang masih banyak rumah yang tidak layak sebagai rumah hunian. Program Rutilahu inilah sebagai jawaban terhadap problem tersebut.  
Dikatakan oleh Eny , Program Rutilahu ini merupakan Program tahunan BAZNAS, ...”Sudah  ratusan  rumah  yang  sudah  dibedah oleh  program  BAZNAS.  Tahun  2020  lalu,
baznas membedah 29 rumah. Namun tahun 2021 ini, alhamdulillah ada penambahan jumlah menjadi 2 rumah setiap kecamatan, sehingga total rumah tahun 2021 yang sedang dilaksankan bedah sebanyak 58 buah....” Demikian ungkap Eny.  
Sebagaimana  diketahui,  Kabupaten  Tangerang  memiliki  29  Kecamatan  dan    terutama  di bagian  wilayah  Utara,  masih  terdapat  banyak  masyarakat  miskin.  Namun demikian,  untuk program bedah rumah, di bagi setiap kecamatan agar lebih adil. Bagi wilayah yang termasuk kategori  terbanyak  kantong-kantong  kemiskinan,  kita  bantu  melalui  program-program  lain yang  ada  di  Baznas.  Misalnya  program  baznas  taqwa,  program  baznas  cerdas,  program baznas sehat. Dsb. Semua program bersinergi dengan program pemerintah daerah.  
Tujuan dari program bedah rumah adalah sebagai respon terhadap banyaknya kasus di dalam masyarakat  Kabupaten  Tangerang  yang  masih  tidak  layak.  Dan  dalam  rangka  menciptakan rumah sehat, rumah hiegenis, rumah layak sesuai dengan misi kabupaten Tangerang Gemilang.   
Konstruksi  Rumah  yang dibedah  dengan  anggaran  tiap  rumah  mendapat  25  Juta  Rupiah  ini, memiliki standar konstruksi bangunan dengan mengacu pada standar konstruksi baja. Artinya rumah  yang  dibedah  harus  kriteria  tahan  gempa,  sehat,  bersih  hygenis  dan  religious  artinya memenuhi syarat untuk di pakai beribadah .


#Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan



Berita Terkait